Cara Menyusun Diet Yang Baik dan Benar

Cara Menyusun Diet Yang Baik dan Benar

Cara Menyusun Diet Yang Baik dan Benar. Pada Penanganan penyakit hati, diperlukan cara menyusun diet dan obat sesuai anjuran dokter Anda. Diet disesuaikan dengan kondisi penyakit, tentunya diet berbeda antara satu penderita dengan penderita lainnya. Disini akan dijelaskan contoh diet menu 1200, 1500, 1700 dan 1900 kalori dengan jumlah protein yang sesuai. Pakailah pedoman diet ini untuk menyusun menu. Dengan penyusunan dasar yang anda dapat lihat pada table bahan makanan sehari, anda dapat melaksanakan diet yang sesuai. Hati dikenal sebagai organ yang mempunyai kemampuan regenerasi terbesar dalam tubuh. Untuk proses regenerasi ini dibutuhkan protein essensial dan vitamin dalam jumlah yang memadai. Tergantung dari keadaan penyakitnya, dapat terjadi ketidak seimbangan asam amino, dan hal ini dapat kita lihat dari adanya gejala neuro atau peningkatan kadar ammonia di dalam darah

Bila hal ini terjadi maka asupan protein harus dikurangi 30% – 50% dari kebutuhan. Diet yang dipilih harus sebaikknya dikonsultasikan dengan dokter Anda. Pengurangan asupan protein akan mengakibatkan berkuranganya nilai kalori dan protein, sehingga harus dicarikan pengganti yang dapat memenuhi kekurangan kalori dan protein tanpa meningkatkan kadar ammonia. Salah satu produk yang memenuhi syarat diatas adalah Aminoleban Oral yang mengandung nutrient penting dengan komposisi seimbang, seperti asam amino rantai cabang (AARC) karbohidrat, lemak (rice oil), asam amino essensial lain, multivitamin dan mineral. Salah satu tujuan pemberian aminoleban oral bersamaan dengan pemberi menu standar ialah agar senantiasa dalam keadaan status gisi baik / normal.

Dasar-dasar cara menyusun diet yang baik dan benar :

  • Makanan disesuaikan dengan kebutuhan kalori dan protein.
  • Makanan harus terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.,
  • Alcohol dilarang.
  • Garam dapat diberikan sampai 7 gram atau 1 ½ sendok the.

Untuk pedoman praktis diet 1200 dan 1500 kalori dianjurkan pada penderita dengan berat badan saat ini (berat badan aktual) <50kg. Diet 1700 kalori dianjurkan pada penderita dengan berat badan actual 51-60 kg, sedangkan diet 1900 kalori dianjurkan pada berat badan actual > 65kg. untuk variasi menu dapat digunakan daftar makanan penukar. Usahakan agar garam jangan dimakan terlalu banyak. Untuk hal tersebut, perlu membatasi penggunaan kecap. Makanan yang dapat diawetkan seperti dendeng, abon, ikan asin, corned beef juga perlu dibatasi.

Anjuran makanan Gizi berdasar umur jumlah energi per 100 gram

Karbohidrat, lemak dan protein merupakan sumber gizi yang penting dalam kehidupan kita. Protein terdapat dalam bentuk protein hewani dan protein nabati. Adapun bahan makanan sumber protein hewani antara lain adalah daging, ikan, udang, telur, susu dan hasil olahannya. Sedangkan bahan makanan sumber protein nabati adalah beras, jagung, kacang hijau, kacang kedelai, kacang merah, kacang tolo, kacang tanah, oncom. Yang banyak dimakan sehari-hari adalah tahu dan tempe. sekian tips cara menyusun diet yang baik dan benar.

makanan dan kalori

sumber :

http://www.health.com

http://www.health.gov/

http://www.cnn.com/HEALTH

http://www.webmd.com/

http://health.detik.com/

SEMOGA BERMANFAAT. “jangan lupa kasih testimoni ya!!” jangan lupa pelajari cara diet dengan air putih

Leave a Reply

Site Protection is enabled by using WP Site Protector from Exattosoft.com